MukeGile.com

6 Makanan ini Dapat Mencegah Sembelit Ketika Puasa, Yuk Konsumsi Ketika Sahur Atau Buka

Inspirasi 481 View

Makanan Instan Untuk Sahur

Makanan Instan Untuk Sahur

Mukegile.com – Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh kita tentu kekurangan banyak cairan. Seharian menahan lapar dan juga haus, tak jarang jika kita mengalami berbagai masalah seperti dehidrasi ringan, lemas atau bahkan sembelit ketika berpuasa. Hal tersebut terjadi lantaran kita tak memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Meski kita memerlukan makanan yang mengenyangkan ketika sahur, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan serat dan juga vitamin. Jika tidak, sembelit akan terus menjadi penghambat kita saat menjalankan ibadah puasa. Tak perlu khawatir lagi guys, beberapa makanan ini dapat mencegah sembelit dan sangat cocok dikonsumsi ketika sahur atau berbuka.

Oatmeal

Olahan makanan yang terbuat dari gandum tersebut memang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, oatmeal juga menjadi salah satu makanan yang dapat membuat kita tak mudah lapar ketika berpuasa. Jadi, oatmeal dapat mencegah perut sembelit dan membantu kita menahan lapar selama 13 jam berpuasa. Kita dapat memadukan oat dengan buah atau sayur segar ketika santap sahur.

Brokoli

Selain mengandung antioksidan tinggi, brokoli juga kaya akan  protein, vitamin, juga mineral. Selain menyehatkan, brokoli sangat ampuh untuk menyehatkan pencernaan. Berbagai menu yang terbuat dari sayuran hijau ini juga sangat cocok untuk menu sahur kita lho.

Buah Pir dan apel

Buah pir dan apel memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Selain itu, kedua buah ini juga kaya akan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita, dan mencegah sembelit. Dilansir kawankumagz.com, satu buah pir berukuran sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 5,5 gram serat. Sementara itu, apel yang dimakan dengan kulitnya mengandung 3,6 gram serat.

Bayam

Bayam memang dikenal memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Ternyata, sayuran hijau satu ini banyak mengandung magnesium dan mineral yang sangat tinggi. Tak salah mengkonsumsi sayur bayam ketika BAB kita kurang lancar.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, atau walnut memang cocok menjadi camilan ketika kita mengalami masalah pencernaan tubuh. Bukan hanya mengandung protein dan lemak sehat, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Buah Berri

Berbagai macam buah berri seperti blackberri, stroberi, dan raspberri mengandung antioksidan serta serat yang sangat tinggi. Jika mengalami masalah pencernaan ketika menjalankan ibadah puasa, jus berri juga sangat cocok dikonsumsi untuk menu buka puasa kita.

Selain beberapa makanan diatas, kita juga wajib untuk mengkonsumsi air pituh. Selain membantu melancarkan BAB karena kebutuhan mineral terpenuhi, air putih juga mencegah kita mengalami dehidrasi ringan ketika berpuasa.

Copyright 2016 - 2017