MukeGile.com

2 Headset VR Samsung Siap Meluncur

Review Gadget 208 View

2-Headset-VR-Samsung-Siap-Meluncur

Mukegile.com Lini bisnis perangkat virtual reality (VR) sudah dipastikan akan benar-benar ditekuni oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung. Informasi tersebut diketahui saat gelaran Virtual Reality Summit di San Diego, Amerika Serikat.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (25/12/2016), Dr. Sung-Hoon Hong selaku Vice President Samsung Electronics mengatakan jika ada dua proyek virtual reality dan augmented reality yang tengah mereka garap. Di lini VR headset, Gear VR 2 rencananya akan diperkenalkan oleh Samsung.

Informasi perihal perangkat tersebut memang belum banyak yang diketahui, namun Gear VR 2 disebut akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Lini lain yang juga akan diperkenalkan yaitu solusi untuk augmented reality.

Masih menurut penuturan Sung-Hoon, karena AR merupakan bisnis yang diprediksi akan terus berkembang, maka Samsung akan mulai fokus di bidang tersebut. Sebagai informasi, ada empat tingkat umum dari penggunaan AR.

Tingkat pertama yaitu pengalaman berbasis gambar 2D yang tak memungkinkan interaksi sama sekali dengan objek fisik. Untuk tingkat kedua, interaksi antarobjek virtual dengan tambahan objek 3D mungkin terjadi, contohnya Gim Pokemon Go.

Baca juga: Setelah Samsung Galaxy Note 7 Kini iPhone 7 Plus Yang Meledak Di China

Sementara itu, di tingkat ketiga dan keempat masing-masing memungkinkan adanya interaksi dalam sejumlah cara dengan objek nyata. Akan tetapi, untuk tingkat keempat interaksi itu dapat menghasilkan perubahan di dunia nyata.

Namun demikian, tingkat keempat masih terlalu sulit untuk dijangkau banyak perusahaan, oleh karenanya Samsung memilih untuk terlibat pada pengalaman AR di tingkat ketiga. Hal serupa juga dilakukan oleh perusahaan lain sekelas Microsoft dengan HoloLens dan Magic Leap.

Oleh karena itu, tak menutup kemungkinan Samsung akan mempertimbangkan untuk melakukan kolaborasi dengan Magic Leap. Langkah itu disebut dapat menguntungkan untuk kedua belah pihak, sebab Samsung terbilang baru di dunia ini, sedangkan Magic Leap baru saja kehilangan beberapa petingginya.

Magic Leap sendiri merupakan sebuah startup yang berhasil memiliki nilai valuasi fantastis. Walaupun bernilai tinggi, nyatanya perusahaan ini belum memiliki produk yang meluncur ke publik.

Yang lebih unik, perusahaan ini ternyata bergerak secara rahasia. Rony Abovitz selaku CEO dan pendiri Magic Leap mengatakan jika semenjak 2011, hanya beberapa orang saja yang diperkenankan untuk melihat teknologi dari perusahaan tersebut.

Copyright 2016 - 2017